Mengapa AS Menguasai Pasar Global ???


Kalian pernah berpikir ga sih kenapa Amerika Serikat dapat menjadi penguasa pasar global. Pastinya pernah dong. Gimana ga semua perdagangan internasional pasti ada campur tangan dari Amerika Serikat. Sekarang aja mata uang perdagangan dunia adalah US Dollar Amerika Serikat. Sudah kebayang kan betapa adidaya kekuatan ekonomi pasar internasional Amerika.

Terus apa aja sih faktor faktor yang mebuat as ini sangat merajai pasar global. Untuk mecari taunya yuk kita bedah perekonomian AS.

Perekonomian AS menganut sistem liberalisme, itu berarti semua pihak bebas dalam melakukan perdagangan baik perdagangan domestik dan perdagangan internasional. Di AS sendiri terdapat banyak tuh brand brand besar yang sudah go internasional sebut saja KFC, MC Donald, LV, Dior dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja perusahaan teknologi seperti Facebook, Instagram DLL pun juga menguasai pasar global.

Pertanyaannya kenapa sih brand dan produk diatas seterkenal itu. Jawabannya ya karena sumber daya manusia disana yang sangat kreatif, berkompoten, inovatif dan dapat mengetahui keinginan dan tren pasar yang ada di zaman sekarang. Sehingga tak heran banyak negara negara lain yang mencontoh dan meniru sistem ekonomi AS.

Banyaknya perdagangan dunia yang menggunakan mata uang USDollar juga menambah kekuatan ekonomi negara AS. Tak heran kenapa baru baru ini Brazil, Rusia, India, China, Dan Afrika Selatan membuat aliansi yang berguna untuk menyaingi ekonomi global AS. BRICS ini berencana untuk tidak menggunakan mata uang USD dalam perdagangan internasional mereka. Dari penjelasan diatas udah kebayang dong perekonomian AS. Bahkan negara negara yang ingin menyaingi AS harus ber aliansi.

Di sisi lain dari adi daya nya as dalam menguasai pasar global. Tentunya tak semata mata as dapat kuat dalam perekonomiannya. Hal ini terbukti baru baru ini banyak sekali berita yang mengabarkan colabsnya bank bank yang ada di as. Hal ini dapat terjadi karena tidak adanya suntikan dana dan banyaknya nasabah yang ingin menarik uang yang ada di rekening mereka.

Kesimpulannya as adalah negara yang menguasai pasar global. Namun hal tersebut tidak dapat menjamin bahwa as tidak akan pernah bangkrut atau rugi.

Ok mungkin sekian dari pembahasan kali ini semoga dapat menambah pengetahuan dan  wawasan kalian. Terimakasih juga sudah menonton hingga akhir. Tetap di mainuang, mainin uang pasti seru


 

Naufal Helmy (Admin1) Blog ini adalah blog resmi dari channel Naufal Helmy. Website ini berisikan hal-hal tentang dunia ini.

0 Response to "Mengapa AS Menguasai Pasar Global ???"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel